Langsung ke konten utama

Tetap Bugar selama Melayani Pasien

Pandemi Korona telah menerpa seluruh segi kehidupan di sebagian besar penjuru dunia ini. Begitu banyak korban terinfeksi, sakit, dirawat dan tidak sedikit yang meninggal.
Tenaga Kesehatan baik Medis maupun Paramedis saat ini menjadi garda terdepan yang mesti menerima, menghadapi, melayani, merawat pasien terduga Covid sampai terkonfirmasi Covid melalui serangkaian tes mulai dari tes Rapid Covid sampai tes PCR.
Puskesmas Rawa Tembaga (seterusnya disebut PKM RATEM) menjadi bagian kecil dari jejaring gugus tugas Covid Kota Bekasi, sudah melayani lebih dari 300 pasien terkonfirmasi maupun PDP dan ODP di Kelurahan Jaka Sampurna.
Seluruh staf yang bertugas di Puskesmas Rawa Tembaga memiliki resiko tinggi dalam layanan rutin setiap hari, walau sudah dilengkapi layar plastik di ruangan yang diakses pasien sampai ke penggunaan alat pelindung diri (APD) berupa hazmat, face shield, masker, sarung tangan dan sepatu boot, sampai dilakukannya desinfektan seluruh ruangan setelah selesai layanan.

Diinisiasi mengikuti himbauan Kementerian Kesehatan agar seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di puskesmas atau rumah sakit untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan dirinya, dengan melakukan olahraga rutin dan berjemur di matahari pagi yang terbukti secara ilmiah memberikan rangsangan pembentukan antibodi tubuh bila dilakukan secara rutin (bukan sesekali saja!!)

Jadi, mohon maaf kalau sekitar jam 9an, PKM RATEM melakukan senam kebugaran dan berjemur sedikitnya 10 - 15 menit, dan setelah selesai dilakukan, pelayanan kembali dilanjutkan.

Ayo, para pembaca sekalian mari kita peduli akan kesehatan diri kita. Kalau bukan diri kita sendiri yang peduli, siapa lagi??





Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALUR Pelayanan Pasien, JADWAL Pelayanan, Persetujuan General Consent, Daftar Tarif Pelayanan & Berbagai Informasi lainnya di Puskesmas Rawa Tembaga

Salam Sehat. Selamat Datang di UPTD Puskesmas Rawa Tembaga. Bagi Anda yang baru pertama kali datang ke UPTD Puskesmas Rawa Tembaga, berikut terlampir di bawah ini Alur Pelayanan Pasien (gimana dan mesti kemana daftar dan seterusnya), SILAKAN SCROLL terus ke bawah - tersedia Informasi Jadwal Pelayanan, Tarif Pelayanan yang tidak tercover KIS, Video simulasi, Surat Persetujuan Umum (General Consent), Rujukan Rumah Sakit untuk berobat, Rujukan Rumah Sakit untuk situasi darurat, dan tersedia berbagai link informasi seperti Denah Ruang Pelayanan, Denah Alur Evakuasi Bencana, dan banyak lagi.  Berikut ALUR PELAYANAN PASIEN di Puskesmas Rawa Tembaga.      ALUR PENDAFTARAN   BERIKUT VIDEO SIMULASI Alur Pelayanan Pendaftaran Pasien - Silakan simak videonya, semoga membantu Anda. Semua pasien atau pengunjung yang ingin mengakses pelayanan, WAJIB melakukan pendaftaran !! Termasuk berobat, kontrol hasil laboratorium, ambil obat TBC, Konseling/ konsultasi saja, KB, KIA, Imu...

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2024

     Berikut ini merupakan salinan dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Peraturan ini menjadi acuan bagi semua puskesmas di Indonesia dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, mulai dari manajemen puskesmas hingga pelayanan kesehatan sesuai klaster siklus hidup sehingga sesuai dengan konsep integrasi pelayanan primer. Beberapa catatan penting dari peraturan ini yang antara lain: Puskesmas memberikan pelayanan terintegrasi dengan sistem klaster, yaitu klaster manajemen, klaster kesehatan ibu dan anak, klaster kesehatan dewasa dan lansia, klaster penanggulangan penyakit dan kesehatan lingkungan, serta lintas klaster. Tidak ada Kepala Sub Bagian Tata Usaha yang merupakan pejabat struktural dalam struktur organisasi puskesmas. Tiap klaster dipimpin oleh penanggung jawab klaster yang merupakan pejabat fungsional kesehatan yang ditunjuk oleh kepala puskesmas, yang mana penanggung jawab k...

Klaster-klaster Puskesmas - ILP - Care Pathways

Salam Pembaca Blog PKM Rawatembaga. GUY'S Pengenalan ILP â—Ź 01 Januari 2025 ILP sudah harus di terapkan di tunggu sampai 2 tahun  â—Ź kenapa dari Akreditasi menjadi ILP dari pendekatan Program ( Akreditasi) menjadi pendekatan siklus kehidupan  â—ŹPenyesuaian Instrumen Akreditasi ke ILP 1. Klaster 1 : Bab 1 , bab 5 2. Klaster 2 : Bab 2 luar gedung, Bab 3 Pelayanan Dalam Gedung 3. Klaster 2 : Bab 2 untuk Pelayanan luar gedung , Bab 3 Pelayanan Dalam Gedung 4. Lintas Sektor : Bab 3 dan Bab 1( 4.1 MFK untuk program penanggulangan bencana ) 5. Kalster 4 : PWS ( pemantauan wilayah setempat ) dan Surveilens tidak secara spesifik di nilai dalam standar Akreditasi, Bab 1 ( EP 1,2,4 ) Bab 2  ( EP 2,6,5 ) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merumuskan pembaharuan pembagian susunan organisasi dan layanan bagi Puskesmas yang dibagi dalam 4 klaster. Berikut adalah link download file dengan format PDF. Link Download Video ILP Pedoman Puskesmas Klaster 1 Pedoman Puskesmas Klaster 2 Pedom...

Buku Saku Tatalaksana Tuberkulosis Anak & Remaja

Buku Saku Tatalaksana Tuberkulosis Anak & Remaja
DIrjen Kemenkes th 2024, 74 halaman