Langsung ke konten utama

Mengenal seputar Puskesmas Rawa Tembaga & Bagan Alur Pelayanan Pasien


Puskesmas Rawa Tembaga (seterusnya disebut "PKM RATEM") merupakan Unit Layanan Teknis Daerah bidang kesehatan yang membina, melayani dan memonitoring wilayah Kelurahan Jaka Sampurna, Kecamatan Bekasi Barat.
Memang secara fisik gedung ini berdiri dan berlokasi di wilayah Kelurahan Kayu Ringin, Kecamatan Bekasi Selatan.

PKM RATEM saat artikel ini diposting memiliki sumber daya manusia terdiri dari : 2 orang Dokter Umum, 2 orang Dokter Gigi, 6 orang Bidan, 3 perawat umum, 1 perawat gigi, 1 orang ahli Gizi, 2 orang analis, 2 orang IT, 1 apoteker, 13 orang bagian non medis. Dengan jumlah ketenagaan yang demikian dibandingkan dengan jumlah penduduk Kelurahan Jaka Sampurna yang sudah mencapai lebih dari 72.000 jiwa, belum mencapai kesesuaian rasio antara dokter umum dan masyarakat.  Namun PKM RATEM tetap selalu berusaha memberikan layanan yang terbaik sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ditetapkan.

Layanan setiap hari dibuka dengan JADWAL BUKA PENDAFTARAN sebagai berikut :
Senin, Selasa, Rabu, Kamis : pk. 07.00  - 11.00 WIB
Jumat                                    : pk. 07.00  - 10.00 WIB
Sabtu                                    : pk. 07.30 - 10.00 WIB




Pelayanan dilakukan terus sampai pasien yang terdaftar selesai dilayani.
Pernah ada pengunjung yang bertanya kok jam pelayanannya pendek, karena PKM RATEM bukan tipe puskesmas dengan rawat inap (disebut PONED), dan hari operasional 6 hari seminggu, alias hari Sabtu pun tetap buka melayani kecuali tanggal merah/ hari Nasional/ hari Raya.

Lalu seluruh petugas PKM RATEM memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi tambahan) berupa mengerjakan laporan dan pencatatan segala apa yang sudah dilakukan dan akan dikerjakan. Pelaporan pun dilakukan berbagai bentuk mulai dari secara online, secara langsung dikirim ke Dinas Kesehatan Kota Bekasi, pengerjaan berkas-berkas keuangan yang mesti dipertanggungjawabkan pun dilakukan sebagian tenaga medis juga. Dan berbagai layanan Posyandu, Posbindu, GSI, Pemantauan Epidemiologi respon laporan KDRS, berbagai penyuluhan, pembinaan Kader posyandu, monitoring berbagai program Batra (pengobatan Tradisional), tempat-tempat umum dan makan minum, undangan rapat-rapat kedinasan (webinar). Jadi mohon maklum bila tidak jarang ada beberapa layanan yang terganggu karenanya karena petugas harus melakukan beberapa kegiatan berbarengan.

Setiap hari tersedia layanan pemeriksaan dokter umum dan gigi, pemeriksaan dokter umum pasien dikategorikan saat ini di masa Pandemi Korona menjadi 2 yaitu pasien dengan gejala batuk (ISPA) atau non ISPA ( tidak batuk).
Pasien bergejala ISPA dilayani di luar gedung, layanan konsultasi dokter sampai mendapatkan obat atau pencetakan rujukan. Prosedur ini dilakukan untuk mengurangi resiko penularan dan paparan sebaran droplet di seluruh ruangan gedung dan terutama dikarenakan gedung PKM RATEM tidak memiliki sistem sirkulasi udara bertekanan negatif atau sistem penyaringan udara HEPA Filter. 
Pasien aman - petugas aman semua nyaman!

Pelayanan KIA ditujukan untuk pemeriksaan ibu-ibu hamil dilayani setiap hari Senin dan Jumat.

Pelayanan Imunisasi setiap hari Rabu, karena ada beberapa jenis sediaan vaksin/imunisasi yang ketika dibuka vial nya harus habis digunakan hari itu juga, bisa 3 - 10 orang balita.

Pelayanan KB dilayani setiap hari Selasa dan Kamis. Disarankan sesuai rekomendasi dari Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), untuk ibu pasangan usia subur dapat mengakses layanan KB spiral (IUD / Intra Uterine Device)

Pelayanan tes IVA dilayani setiap hari Selasa.

Tambahan informasi, tersedia layanan VCT - PITC (Pemeriksaan Tes HIV sukarela) setiap hari Selasa dan Jumat (selama dokter pengelola programnya hadir), VCT - PITC ini merupakan program pemeriksaan yang ditujukan bagi Anda yang merasa beresiko tinggi terinfeksi virus HIV akibat perilaku beresiko seperti melakukan hubungan seksual bergonta-ganti pasangan atau dengan Penjaja Seks Komersial (PSK), LSL (Laki-laki suka laki-laki), pengguna jarum suntik narkoba, dan lainnya, cukup bilang ke bagian pendaftaran bahwa Anda ingin tes VCT, maka registrasi Anda akan diarahkan ke tim VCT-PITC.

Sekedar info, layanan dokter gigi selama masa pandemi Korona ini tidak melakukan layanan tindakan membor lubang gigi, karena tindakan tersebut menghasilkan/ menyebabkan semburan aerosol/ uap gas cairan yang berpotensi menulari dan mencemarkan seluruh ruangan apalagi kalau mengandung virus Covid 19. Terlebih lagi ruangan gedung Puskesmas Rawa Tembaga tidak memiliki siste, ventilasi bertekanan negatif / tidak memiliki sistem alat HEPA Filter.



(admin)



Komentar

  1. Sukses terus buat puskes Rawa Tembaga

    BalasHapus
  2. Kpn kah berakhir untuk vaksin lansia di kota Bekasi?

    BalasHapus
  3. Vaksinasi lansia sudah dimulai di bulan Maret sampai Juni 2021, hanya yang jadi masalah adalah ketersediaan vaksinnya. Dan pendaftaran serta pendataan vaksinasi lansia lapor ke RT/ RW masing-masing. Puskesmas hanya berkoordinasi dengan RW untuk mengundang sekian lansia untuk divaksinasi ke puskesmas tanggal sekian, sebagai contoh pelaksanaan vaksinasi di puskesmas. Disesuaikan dengan kuota vaksin yang diterima dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Kami sangat menghargai setiap kritik dan saran yang membangun dan mendorong kami melakukan perbaikan/perubahan sesuai ketentuan yang berlaku. Terima kasih

Postingan populer dari blog ini

ALUR Pelayanan Pasien, JADWAL Pelayanan, Persetujuan General Consent, Daftar Tarif Pelayanan & Berbagai Informasi lainnya di Puskesmas Rawa Tembaga

Salam Sehat. Selamat Datang di UPTD Puskesmas Rawa Tembaga. Bagi Anda yang baru pertama kali datang ke UPTD Puskesmas Rawa Tembaga, berikut terlampir di bawah ini Alur Pelayanan Pasien (gimana dan mesti kemana daftar dan seterusnya), SILAKAN SCROLL terus ke bawah - tersedia Informasi Jadwal Pelayanan, Tarif Pelayanan yang tidak tercover KIS, Video simulasi, Surat Persetujuan Umum (General Consent), Rujukan Rumah Sakit untuk berobat, Rujukan Rumah Sakit untuk situasi darurat, dan tersedia berbagai link informasi seperti Denah Ruang Pelayanan, Denah Alur Evakuasi Bencana, dan banyak lagi.  Berikut ALUR PELAYANAN PASIEN di Puskesmas Rawa Tembaga.      ALUR PENDAFTARAN   BERIKUT VIDEO SIMULASI Alur Pelayanan Pendaftaran Pasien - Silakan simak videonya, semoga membantu Anda. Semua pasien atau pengunjung yang ingin mengakses pelayanan, WAJIB melakukan pendaftaran !! Termasuk berobat, kontrol hasil laboratorium, ambil obat TBC, Konseling/ konsultasi saja, KB, KIA, Imunisasi, Calon Jamaah Haj

CATIN Wajib Tes HIV

Salam Sehat.      Seiring mulai meningkatnya kasus penularan HIV ( Human Immunodeficiency Virus ) di kalangan ibu rumah tangga. Pemerintah menitikberatkan deteksi dini resiko penyakit-penyakit menular dan beresiko kematian atau kecacatan pada ibu hamil.       Adapun bertahun-tahun sebelumnya, penularan HIV hanya berputar di sekitar pengguna jarum suntik steril, wanita penjaja seks, hubungan seks yang berganti pasangan, dan gay.       Namun terjadi pergeseran penularan di luar kategori yang disebutkan di atas, ke kaum ibu rumah tangga, yang notabene tidak memiliki resiko tinggi tertular penyakit HIV maupun penyakit Infeksi Menular Seksual, jadi dimungkinkan tertular dari suami yang melakukan hubungan seksualnya dengan yang bukan isterinya. Yang pada akhirnya, ketika ibu rumah tangga hamil, maka calon bayi yang dikandungnya memiliki resiko tinggi tertular, apalagi tidak dilakukan skrining pada waktu pemeriksaan kehamilan.      Mengetahui potensi resiko penularan ini, maka Kementerian Kes